Kamis, 27 September 2012

Siapa saya ?



                          Jakarta, 08 Maret 2012

Nama saya adalah Puji Utami. Dan siapa itu Puji Utami? Siapa saya? Dan inilah sebagian latar belakang yang menjadikan saya sebagai seseorang bernama Puji Utami.
Suatu hari saya bertanya kepada kedua orang tua saya akan nama itu, apa arti sebuah nama memang, tetapi ternyata arti itu menjadi begitu penting bagi kehidupan saya setelah saya mengetahuinya. Kalimat pertama yang pertama kali terucap dari kedua orangtua saya saat saya menanyakan itu adalah “Mbah kakung bilang, nama anak pertama mama dan ayah harus diawali dengan huruf ‘P’”, begitu katanya. Benar saja kedua orangtua saya menggunakan nasehat mbah kakung saya.
‘Puji’ artinya bersyukur, karena pada saat itu kedua orangtua saya mensyukuri karunia Allah SWT atas kelahiran anak pertama mereka. ‘Utami’ artinya utama, atau bisa diartikan sebagai anak yang pertama dan berharap selalu menjadi yang pertama. Dengan segala harapan bahwa anak mereka akan menjadi seseorang seperti namanya, akhirnya mereka memutuskan bahwa nama saya adalah Puji Utami.
Saya adalah anak pertama dari 5 bersaudara. Itu berarti saya mempunyai 4 orang adik yang harus selalu diberikan contoh yang baik dan benar. Adik pertama saya bernama Gunawan Prayogi, kedua bernama Triana Wulandari, ketiga bernama Rifa Safitri, dan yang terakhir bernama Syiila Amiera. Tentunya huruf awal dari semua nama itu juga hasil request dari mbah kakung tersayang dan hasilnya tinggal kedua orangtua saya yang berpikir untuk memberikan nama apa dengan huruf awal hasil request dari mbah kakung.
Saya bersyukur menjadi anak yang pertama, karena memang sudah takdirnya harus begitu dan mau nggak mau kan? Sebenarnya, bukan seperti itu alasannya. Suka duka pastinya selalu mengiringi langkah saya dalam kehidupan ini, apalagi menjadi anak pertama dari 4 orang adik itu tidak mudah. Saya bersyukur pertama-tama karena Allah SWT memberikan saya kesempatan mengenal dunia dan memberikan kehidupan yang luar biasa saat kelahiran saya yang pertama bagi kedua orangtua yang menyayangi saya. Kedua, saya bersyukur karena menjadi anak yang pertama bagi kedua orangtua yang begitu penuh perhatian dan penuh pengorbanan untuk anak pertama mereka. Ketiga, saya bersyukur karena saya terlahir sebagai manusia yang diberikan kepercayaan Allah SWT untuk memegang tanggung jawab untuk selalu berusaha menjadi panutan bagi adik-adik saya.
Dengan membawa nama Puji Utami dalam diri saya yang penuh dengan segala kekurangan ini, saya selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dan menjadi kebanggaan bagi kedua orangtua saya, saya ingin sekali membalas segala kebaikan mereka walaupun memang tidak mungkin bagi saya untuk membalas pengorbanan mereka yang begitu besar bagi saya sampai saya berusia 20 tahun ini. Dari awal saya bersekolah TK (Taman Kanak-kanak), SD, SMP, SMA dan sampai kuliah ini, saya selalu berusaha mengembangkan diri menjadi orang yang lebih baik. Dari mulai cita-cita saya menjadi dokter (cita-cita umum semasa kecil), menjadi penyiar radio, menjadi psikolog, menjadi penyanyi pun juga pernah saya inginkan, sampai sekarang saya menyadari bahwa cita-cita harus sesuai dengan jalan yang saya ingin tempuh, dan yang pasti sesuai dengan usaha yang sedang kita jalani, yaitu system analis, seperti sesuai dengan pendidikan kuliah saya di jurusan Sistem Informasi yang saya jalani sekarang di Universitas Gunadarma. Awalnya, saya memilih Universitas Gunadarma untuk melanjutkan pendidikan saya karena saya telah gagal masuk Universitas dan jurusan yang saya inginkan. Setelah semua kesulitan dan kegagalan saya alami, saya sadar bahwa saya tidak boleh menyerah dan berhenti sampai disini, akhirnya saya menerima tawaran beasiswa dari Universitas Gunadarma sewaktu saya menjalankan try out di tingkat Sekolah Menengah Atas dari Universitas Gunadarma. Sampailah akhirnya saya disini menjadi mahasiswi tingkat 3 di Universitas Gunadarma ini.
Saya tahu betul akan kekurangan maupun kelebihan yang saya miliki, saya pun juga mengetahui dengan baik batas kemampuan saya sampai sejauh ini, saya hanya bisa menjalani apa yang menjadi jalan yang Allah SWT tentukan sekarang ini untuk saya, tentunya dengan doa, restu kedua orangtua dan keluarga, serta kerja keras saya untuk mencapainya. Tidak mudah pastinya untuk menjadi seorang system analis, seperti apapun kegagalan yang kemungkinan akan saya hadapi nantinya, InsyaAllah dengan doa dan kuasa Allah SWT yang mudah-mudahan mendengar doa dan harapan saya dan melihat usaha saya, saya masih bisa berbuat lebih baik lagi untuk kehidupan saya yang tentunya saya persembahkan semata-mata hanya untuk kedua orangtua saya.
Banyak pelajaran yang saya dapatkan sampai sekarang. Sebagai anak pertama, saya belajar bertanggung jawab, sebagai seorang kakak, saya belajar untuk selalu berusaha berbuat baik untuk menjadi contoh bagi adik-adik saya. Sebagai seorang cucu pertama bagi mbah kakung, saya berusaha menjadi seseorang sebagaimana seharusnya berperilaku sesuai dengan sebuah nama dengan huruf awal yang beliau tentukan. Sebagai seorang teman bagi teman-teman saya, saya belajar mengerti dan memahami oranglain. Dan dengan semua pelajaran yang saya dapati itulah saya memahami bahwa pengembangan diri saya bersumber dari cara saya belajar dari oranglain. Untuk itu begitu pentingnya sosialisasi bagi saya di dalam pengembangan diri saya sendiri. Untuk saat ini yang ingin saya tempuh adalah menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat dan lulus sidang Penelitian Ilmiah yang akan saya jalani. Semoga semuanya berjalan dengan baik. Amin.
Saya lahir di Jakarta, tanggal 29 September tahun 1991. Dari mulai tanggal itulah sampai sekarang tanggal 08 Maret tahun 2012 saat saya membuat tulisan ini, saya masih selalu beryukur menjadi anak yang pertama dengan nama Puji Utami.


1 komentar: